Alasan Wanita Memotong Rambut Panjang Menjadi Pendek

alasan wanita memotong rambut pendek

alasan wanita memotong rambut pendek

Alasan Wanita Memotong Rambut Panjang Menjadi Pendek – apakah ingin tahu alasan wanita memotong rambut pendek? Berikut beberapa Alasan Wanita Memotong Rambut Panjang Menjadi Pendek

Rambut panjang dipandang sebagian orang sebagai mahkota indah milik wanita. Bahkan dianggap sebagai salah satu aset penunjang penampilan yang membuat wanita tambah percaya diri. Namun, bagaimana dengan wanita berambut super cepak, apakah tidak akan mendapat tempat dihati pria? “Aku justru lebih suka wanita berambut cepak, lebih ringkas dan terlihat lebih smart dan tegas,” ungkap Wayang, musisi.

Tak dipungkiri, tren rambut 2012 makin didominasi potongan cepak. Beberapa artis bahkan rela rambut panjangnya dibabat habis. Tilik bagaimana Emma Watson dan Anne Hattaway yang memangkas habis rambut panjangnya, menggantinya dengan tampilan yang super fresh. Mereka tetap tampil cantik dan semakin percaya diri.

Keputusan memangkas rambut bagi wanita memang sebuah hal yang sulit, apalagi jika Anda termasuk wanita yang sangat konvensional, dan terlalu takut mengambil resiko potongan rambut barunya nanti tak sesuai dengan apa yang diinginkannya. Dengan kata lain, berambut panjang bagi sebagian wanita masih dianggap sebagai pilihan aman, meski membosankan bagi sebagian lain yang menyukai hal-hal praktis.

Miley Cyrus, baru-baru ini memutuskan memangkas habis rambutnya. Potongan rambut Miley ini justru menuai kontroversi. Banyak yang menyebut, gaya rambut pemeran Hannah Montana ini jelek dan mengerikan.

Terlepas dari penilaian banyak orang atas aksinya tersebut, Cyrus cukup percaya diri dan senang dengan potongan rambut barunya. Apalagi, diperoleh informasi dari orang terdekatnya, ia memang pernah ingin memiliki rambut cepak.

Hal yang sama pun dipendam Emma Watson, yang menginginkan berambut pendek sejak berumur 16 tahun. “Saya melewatkan semua eksperimen-eksperimen yang dialami kebanyakan remaja,” kata Emma. “Saya sudah ingin melakukan ini [potong rambut] sejak umur saya 16, dan ketika saya mendapatkan kesempatan untuk melakukannya, saya berpikir, “Benar. Inilah saatnya.”

Alasan setiap orang untuk melakukan perubahan pada penampilannya, termasuk memotong rambutnya, tentu saja beragam. Tak hanya Cyrus, banyak wanita di berbagai belahan dunia yang rela memangkas rambut panjangnya untuk alasan yang berbeda.

“Seneng juga sih punya rambut panjang, bisa ditata sesuka hati. Tapi jenuh pasti ada dong, dan coba gaya rambut baru, kenapa tidak?, apalagi potongan rambut pendekku ternyata disukai suami” ujar Putri, karyawan swasta.

Kebebasan adalah hal yang mutlak dimiliki setiap orang. Kebebasan membuat kita jauh lebih bisa berkarya dan berkreasi. Meski tak dipungkiri, rambut panjang membuat wanita cenderung ‘terikat’ pada ritual yang mengharuskannya melakukan perawatan ekstra dibandingkan rambut cepak.

“Punya rambut panjang itu asik juga, tapi jujur emang butuh dana lebih untuk merawat dan menjaga keindahannya. Karena lagi pengen ga dibikin ribet soal rambut, ya akhirnya aku putuskan memotongnya super cepak. Lebih adem dan fresh,” ujar Mita, mahasiswa.

Pun, bagi Emma, hal yang sederhana seperti potong rambut bisa terasa sangat membebaskan, karena ia memang tidak pernah mengubah gaya rambut sepanjang masa remajanya.
Sementara, menurut studi Yale University, wanita berambut pendek memang cenderung kurang diminati pria, namun sisi positifnya, wanita berambut cepak dinilai memiliki intelektualitas tinggi dan bersikap lebih tegas, sehingga disegani.

Patah hati
Meski tak ada korelasinya, memotong rambut bagi sebagian wanita dianggap sebagai ajang ‘buang sial’, pelampiasan atas rasa sakit atau patah hati. Hal ini dibenarkan oleh profesor Antropologi Rutgers University, Helen Fisher,

“Potong rambut bagi wanita dianggap sebagai tahapan meminta tolong dan melakukan perubahan. Peralihan penampilan yang drastis ini dipercaya membuat wanita akan lebih diperhatikan, yang dapat mengalihkannya dari emosi negatif sesaat pascaputus,” jelas Fisher seperti dilansir dari Shine.

Rambut rusak, pecah-pecah dan rontok juga menjadi alasan kuat bagi sebagian wanita untuk memilih memotong rambutnya lebih cepak, bahkan botak. Menyoal pandangan banyak orang, meski berambut cepak atau panjang, yakini saja bahwa Anda tetap cantik, menarik dan percaya diri. Jadi, soal rambut panjang atau pendek, bukan masalah kan?

loading...


Alasan Wanita Memotong Rambut Panjang Menjadi Pendek

foto presenter metro tv wanita yang rambutnya pendek, yg disukai artis korea tentang wanita indonesia